Fakta Unik Tentang Romadhon di Dunia

Poker Online

Bulan romadhon merupakan salah satu bulan yang sangat dinantikan oleh setiap umat islam yang berada diseluruh dunia. Puasa adalah satu hal yang sangat khusus dilaksanakan saat bulan romadhon. Nah, biasanya masyarakat menyambut datanganya puasa dengan berbagai kegiatan yang hanya ada saat bulan puasa.

Poker Online
Poker Online

Misalnya, di Indonesia salah satu kegiatan yang akan langsung ada saat bulan puasa tiba adalah bermunculannya pedagang dadakan, seperti semakin munculnya penjual takjil yang berjajaran disepanjang jalan. Kemudian ada lagi “toprekan”, itu adalah kegiatan yang masyarakat lakukan untuk membangunkan orang untuk sahur.

2 contoh di atas tidak akan pernah bisa ditemukan di bulan lain, selain bulan romadhon. Berhubung umat islam tersebar dihampir seluruh penjuru dunia, hal itu membuat keunikan setiap negara dalam menyambut bulan suci ini akan berbeda dengan Indonesia.

Seperti sudah disinggung di awal Indonesia terdapat “toprekan”, belum tentu di negara Malaysia ada hal semacam itu. Bulan puasa ini memiliki keunikan tersendiri dari bulan lainnya. Itu kenapa kemudian banyak hal yang masyarakat lakukan untuk menyambutnya. Nah, inilah fakta unik bulan puasa yang ada di Dunia yang patut Anda ketahui.

  1. Saudi Arab

Negara pertama yang tentu akan menyambut bulan puasa dengan megah adalah Saudi Arab. Hal ini dikarenakan agama terbesar di negara tersebut adalah islam. Fakta unik yang paling mencolok yang terjadi di negara Arab ini saat datangnya bulan puasa adalah banyaknya jama’ah yang datang ke masjidil haram. Tidak hanya disitu, jama’ah yang segitu banyaknya diperbolehkan untuk buka di masjid dengan menu yang lezat. Jadi, tidak perlu ditanyakan berapa anggaran yang mereka sediakan untuk satu harinya.

  1. Amerika Serikat

Berikutnya hadir negara adikuasa yaitu Amerika Serikat. Seperti yang sudah diketahui di negara ini agama islam merupakan minoritas. Fakta itu tentu menjadikan suasana bulan puasa di negara ini tentu akan sedikit tidak terasa. Apalagi disini, puasanya jauh lebih lama yaitu hampir 15 jam atau bahkan bisa lebih. Jadi, adzan dan imsak yang sering terdengar di negara islam, tidak bisa terdengar.

  1. Indonesia

Selanjutnya negara dengan penduduk terbesar nomor empat, yaitu Indonesia. Disini suasana puasa bisa terasa kental. Hal itu karena sebagian besar masyarakat di Indonesia beragama islam. Keunikan yang langsung terjadi adalah terdapat banyak penjual takjil yang sudah siap sejak jam 4 sore, kemudian masjid-masjid ramai dengan jama’ah, dan ramainya suara tadarus.

  1. Rusia

Negara Rusia memiliki jam untuk berpuasa terlama yaitu 17 jam. Nah, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk mereka yang menjalankan puasa di negara tersebut. Namun, fakta uniknya banyaknya jam berpuasa itu tidak membuat orang-orang muslim di Rusia tidak bersemangat dalam menjalankan puasanya.

  1. Jepang

Berikutnya di negara matahari terbit, Jepang. Fakta unik yang pertama kali langsung terlihat di negara ini adalah mereka berbuka dengan kue dorayaki. Selain itu, biasanya mereka sering mengadakan buka bersama.